BSC5BSrlGSO8GUd8BSd5GUY5Gd==

Metode Tulis Baca-Baca Tulis Tingkatkan Literasi Siswa

Metode Tulis Baca-Baca Tulis Tingkatkan Literasi Siswa
Metode Tulis Baca-Baca Tulis tingkatkan literasi siswa. (Dok. Ist)

Semarang, JatengTerkini.id – Guru SD Negeri Rancabentang 3 Cimahi, Yanti Sopiyati, telah berhasil meningkatkan minat dan keterampilan literasi siswa melalui penerapan metode inovatif Tulis Baca-Baca Tulis (TBBT).

Metode ini dikembangkan untuk mengatasi keterlambatan membaca pada siswa sekaligus meningkatkan minat mereka terhadap buku, terutama buku cerita yang tersedia di perpustakaan sekolah.  


Apa itu metode TBBT?

Metode TBBT melibatkan dua proses utama:  

1. Menulis yang dibaca: Siswa mencatat informasi dari buku yang telah mereka baca ke dalam jurnal membaca sederhana.  

2. Membaca yang ditulis: Siswa kemudian membaca kembali jurnal yang telah mereka buat untuk memperdalam pemahaman.

Jurnal membaca dirancang dengan panduan berupa beberapa pertanyaan sederhana untuk membantu siswa memahami isi bacaan.  


Pelaksanaan metode TBBT

- Fleksibilitas lokasi: Kegiatan ini dapat dilakukan di kelas, luar kelas, atau di rumah sesuai kemampuan siswa.  

- Pemetaan kemampuan siswa: Sebelum memulai, guru melakukan asesmen untuk memahami tingkat membaca siswa. Bahan bacaan kemudian disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.  

- Penyusunan jurnal: Jurnal siswa yang selesai dikategorikan berdasarkan abjad judul buku untuk siswa yang masih memerlukan bimbingan, atau berdasarkan tema tertentu untuk siswa yang lebih mandiri.  


Manfaat metode TBBT

- Meningkatkan pemahaman teks: Jurnal membantu siswa memahami bacaan secara literal dan melatih mereka menyampaikan pendapat.  

- Motivasi membaca: Siswa termotivasi untuk membaca lebih banyak buku agar dapat berbagi informasi melalui jurnal mereka.  

- Pendekatan berdiferensiasi: Guru dapat memberikan perhatian khusus sesuai tingkat kemampuan siswa, sementara siswa yang lebih mahir dapat membantu teman-temannya.  

- Belajar kolaboratif: Jurnal juga memungkinkan siswa saling berbagi rekomendasi buku yang menarik untuk dibaca.  

Vidya, siswa kelas II, mengaku metode ini membuatnya lebih mudah mengingat isi buku dan termotivasi untuk terus membaca serta menulis.  


Dukungan program

Metode ini adalah bagian dari program kerja sama antara Dinas Pendidikan Kota Cimahi dan Tanoto Foundation, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan.  

Yanti berharap strategi TBBT mampu menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, meningkatkan kepercayaan diri siswa, dan mendorong literasi yang lebih kuat di masa depan. 

Ketik kata kunci lalu Enter